Minggu, 20 Mei 2018

Mengenal Bibit Tanaman Kencur

Mengenal Tanaman Kencur


Kencur dalam istilah latin disebut Kaempferia galanga L. merupakan salah satu jenis empon-empon atau tanaman obat multimanfaat. Tanaman kencur yang tergolong dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae) rempah rempah ini, juga termasuk komoditas yang memiliki prospek pasar sangat baik. Sebab, kencur termasuk bahan baku penting dalam industri seperti obat tradisional, kosmetika, obat herbal terstandar, saus, rokok, bumbu, bahan makanan, dan minuman penyegar dalam maupun luar negeri. 

Kelebihan lain dari kencur yaitu dalam kondisi basah, kencur yang dipanen saat berumur lebih dari 10 bulan dapat disimpan dalam gudang selama 3–4 bulan. Sedangkan dalam kondisi kering, dapat disimpan di gudang selama 3–4 tahun dengan manfaat yang sama dengan kencur segar. Bahkan, harganya jauh lebih mahal, meski bentuknya menyusut, kadar airnya berkurang, dan baunya berubah (Anonim, 2007).
bibit kencur

Ketika akan dipanen (10 bulan setelah benih ditanam.), ternyata harganya sedang jatuh, maka kencur tidak perlu dipanen dan tetap dibiarkan di dalam tanah hingga
mencapai umur tiga tahun. Kondisi ini tidak akan mengurangi manfaatnya, bahkan jumlah produksinya akan bertambah banyak. Sebab, setiap tahun dari satu rimpang (batang di dalam tanah yang membesar) kencur akan tumbuh rimpang berikutnya di atas rimpang sebelumnya dengan bentuk yang lebih kecil.
Dengan bertambahnya umur, maka semakin tinggi produktivitas kencur yang dihasilkan, tetapi rimpang kencur yang berumur lebih dari satu tahun setelah tanam tidak dapat dijadikan bibit, karena kualitasnya telah menurun. 
 Kencur yang dijadikan bibit kencur setidaknya berusia delapan hingga satu tahun. Istilahnya sudah berusia matang sehingga pertumbuhan tunasnya baik ke depannya. Budidaya kencur cukup prospek mengingat kebutuhan pasar yang tinggi, bahkan baru baru ini di daerah Jogja dan sekitarnya, harga kencur mencapai tiga puluhan ribu per Kg nya.
Tertarik mencoba menanam bibit kencur? Kami sedia bibit kencur unggul dan siap kirim kirim ke seluruh penjuru nusantara. Bila anda ingin memesan bibit kencur kami, bisa menghubungi kami di WA/SMS 087838393451 berlokasi di Tirtoadi Mlati Sleman Jogja. Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar